Resolusi lebaran dari seorang jomblo

Sebenarnya lebaran tahun ini antara senang dan sedih, kayak duit koin lima retus, senang dan sedih bersebelahan, bedanya tipis. Senang karena bisa kumpul ke kampung halaman, maklum momen keluarga besar kumpul itu bisa dihitung dengan jari. Jadi, kesempatan mudik nggak bakalan disia – siakan untuk kumpul sama keluarga besar. Sedihnya, karena masih seperti tahun kemarin, kemarinnya lagi, dan kemarin kemarin tahun kemarin, nah bingung kan. Ya intinya sama tahun sebelumnya, masih setia menyandang predikat jomblo. Nggak dipungkiri, kalau lebaran pasti deh diberondong dengan pertanyaan, “Kapan nikah?”, “Calonnya mana?”. Tolong lah ya, pertanyaan sederhana tapi bikin “jleb”, nggak perlu diungkit lagi setiap tahunnya. Jawaban yang masih aku gunakan atas pertanyaan tersebut, aku hanya senyum manis dan berkata, “Doain ya secepatnya”. Jika masih ada yang bertanya lagi atau bahkan terkesan kepo tiada tara, langsung deh lari dari kenyataan, rasanya siksaan batin yang tak ada habisnya.
Dari pengalaman tersebut, ingin rasanya menjadi jomblo bermartabat, jomblo berprestasi. Ingin membuktikan pada semua kalau aku baik – baik saja meski jomblo. Aku bisa menjadi pribadi yang menarik meskipun jomblo. Jomblo bukan siksaan kok, tapi ajang untuk menunjukkan kualitas diri. Alhamdulillah, meski jomblo tapi memilliki penghasilan sendiri, rasanya luar biasa. Tapi, tetap saja ada yang menyinggung penghasilan dengan jomblo, entah apa garis merahnya, tapi banyak mendengar pertanyaan.
“Jangan jomblo terus, ntar boros loh sukanya kan nge-mall”.
“Mending kamu nikah, nanti rejekimu semakin berkah loh karena untuk keluarga”.
“Meskipun jomblo, harus pinter nabung. Harga susu buat anak tuh semakin mahal!”.
Duuuuhhh… apa salah dan dosaku yang masih saja berlabel jomblo. Ingin rasanya teriak “Ini duitku sendiri, terserah deh mau aku apain, masalah buat lo?!”
Untungnya nggak keceplosan buat marah – marah jika ada pertanyaan seputar itu. Karena setelah dipikir – pikir ada benarnya juga sih untuk mengelola keuangan harus dari sedini mungkin. Kalau sudah terbiasa mengelola keuangan pribadi, nantinya setelah berkeluarga nggak bingung untuk mengelola keuangan rumah tangga.
Memang sih, kalau jomblo rasanya bebas banget, penghasilan terserah mau dibuat apa, dibelanjakan, ditabung, nggak ada yang ngelarang, kan masih jomblo, belum punya tanggungan anak atau keperluan rumah tangga. Biasanya pengeluaran untuk nge-mall, beli baju, kosmetik, pulsa, gadget dan tentu untuk jajan.
Terinspirasi dari “cibiran” dari teman dan keluarga, hmm.. kayaknya emang harus pinter mengelola keuangan pribadi, nanti nggak kaget kalau disuruh suami kelola keuangan rumah tangga *uhuk*.
Resolusi lebaran dari seorang jomblo (lebih tepatnya curhatan dari seorang jomblo) :

  1.  Memisahkan yang namanya KEBUTUHAN dan KEINGINAN. Siapa sih yang nggak tergiur diskon yang bertebaran di Mall? Beli 2 gratis 1, diskon up to 70%, sayang banget kan kalau nggak dimanfatkan. Sekarang, kalau beli baju satu potong, mikirnya lamaaa banget, karena banyak pertimbangan, biasanya beli baju hanya sekedar punya, padahal di lermari ada beberapa baju yang nggak terpakai. Mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan yang ujung – ujungnya jadi tumpukan baju tak bertuan.\
  2. Membuka mata lebar – lebar. Bukan, maksudnya bukan karena aku ngantuk, terus buka mata lebar – lebar. Tapi, yang aku maksud untuk lebih peka terhadap sekitar. Di Bulan Ramadhan pasti ada kewajiban untuk membayar zakat fitrah dan zakat mal. Setiap tahun pun seperti itu, tapi tahun ini lebih peka, lebih banyak sedekah, lebih memperhatikan orang yang kurang mampu di sekitarku. Seperti Pak penjaga parkir di perumahan, Pak tukang sampah, dan masih banyak lagi. Berawal dari tindakan yang peduli terhadap orang sekitar, insya Allah lebih giat bekerja, dan insya Allah pengeluaran yang semacam ini bisa menjadi berkah, jadi kerja nggak hanya untuk mencari uang, tapi untuk mencari berkah. Aamiin.
  3. Membuat lebih dari satu akun tabungan. Ternyata oh ternyata, manfaat tabungan tidak hanya untuk menampung duit transferan saja. Itu setelah melihat web cermati.com, ada 6 macam tabungan yang dapat dibandingkan di cermati (tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pension, tabungan pegawai, tabungan haji), aku kira sudah cukup punya dua ATM, sepertinya harus “dipecah” lagi deh pendapatan yang aku terima. Saat menerima THR, nggak langsung abis nggak tahu muaranya. THR sebagian untuk membayar zakat, untuk bayar pajak, sedekah dan untuk tabungan yang dialokasikan untuk tabungan bisnis. Di web cermati.com, bisa membandingkan tabungan bisnis mana yang sesuai budget dan punya banyak keuntungannya.
  4.  Nah, kalau THR habis buat ini itu, terus buat senang – senang diri sendiri, gimana dong? Duuuh senang – senang nggak harus waktu lebaran doang, tiap hari juga bisa senang, manfaatin saja reward kartu kredit yang biasa aku gunakan. Cek reward kartu kredit bisa melalui web cermati.com, selain reward juga ada fasilitas untuk cek cashback, dinning, welcome bonus dan masih banyak lagi. Dapat senangnya, dapat juga hematnya.

4 langkah mudah untuk resolusi lebaran dari seorang jomblo, langkah kecil untuk jadi jomblo pintar mengatur keuangan.

Resolusi lebaran dari seorang jomblo

Resolusi lebaran dari seorang jomblo

Advertisements

Tagged: ,

3 thoughts on “Resolusi lebaran dari seorang jomblo

  1. si Mamba Hitam July 14, 2015 at 7:27 am Reply

    Anjrit lomba dari cermati. Saya ikutan yg tips menabung dan gak menang 😦

    Liked by 1 person

  2. bukanbocahbiasa July 14, 2015 at 10:35 am Reply

    Good luck ya mbak Sariiii 🙂
    Aku juga mau bikin, tapi masih ngantuk #hlo

    Like

  3. edo October 5, 2016 at 8:29 am Reply

    Hahaha lucu deh mba bacanya, sama mba gue juga suka gitu klo mudik ke tempat nyokap. Sepupu pada nanya gitu. Padahal gue lebih muda (thn ini aja baru 24) dr mereka dan mereka aja blm pd nikah. Klo ditanya, drpd gedek mending tanya balik wakakak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: