Monthly Archives: June 2015

Membuka toko online dengan “rasa” profesional.

Pernah nggak denger kalimat seperti ini, “Kalau ingin membuka bisnis, mulailah dari hobimu”, pernahkan? Iya, saat pertama kali mau bisnis online yang terlintas di pikiran adalah mau bisnis apa? Barangnya dari mana? Siapa yang beli? Harganya berapa? Nanti ini, nanti itu, bla bla banyak sekali yang dipikirkan. Ujung – ujungnya bingung sendiri.
Di era media sosial yang terus tumbuh dan berkembang, banyak yang tak hanya memanfaatkan sosial media sebagai aja pertemanan, silaturahmi dengan kawan lama, tapi sudah banyak yang memanfaatkan sebagai ladang uang yang subur, yaitu dengan cara bisnis online. Tak perlu toko fisik, tinggal upload sana – sini, dapat orderan. Ajiiiiib banget.
Pertama kali, saat mahasiswa ada mata kuliah kewirausahaan. Namanya juga mahasiswa, kalau disuruh cari ide bagaimana menciptakan atau mengembangkan usaha untuk dapat duit sendiri, pasti cepat, dong. Saat itu satu kelompok memilih untuk membuka toko online yang ambil barangnya dari warga sekitar. Menjual produk fashion, berupa baju, tas, dan sandal dengan harga bersaing. Ya maklum, namanya juga cewek, nggak jauh – jauh yang namanya fashion, kalau nanti ada yang nggak laku, bisa dipakai sendiri kan? *loh*. Untuk pemula, pastinya menjadi reseller adalah langkah mudah untuk memulai bisnis.
Lambat laun, memang tertarik di dunia bisnis online meskipun hanya sendiri, karena teman – teman sudah punya dunia sendiri, ya apalagi kalau bukan karena sudah berkeluarga, hehehe. Sekian tahun jadi reseller, pasti ingin dong menciptakan karya sendiri, brand sendiri, meskipun masih juga menjual barang lainnya. Ya, ingin memiliki brand sendiri.
Awalnya buka toko online, modal facebook, upload terus tag teman – teman satu kampus. Kemudian, mengembangkan ke blog. Mengapa memilih blog? Karena pembeli saat ini beda dengan pembeli beberapa tahun yang lalu, facebook masih booming. Dulu, upload + tag teman, selesai deh, tinggal nunggu pesanan. Kalau sekarang, duuuh tag teman – teman barang dagangan, bisa – bisa disemprot! Banyak yang merasa terganggu karena masalah tag, kalau memang ada teman yang mau di tag barang dagangan, nggak masalah. Lah kalau tiba – tiba nge-tag teman tanpa ada ijin, wah bisa – bisa di-unfriend. Aku percaya, bisnis yang awet ya dengan cara menjaga silaturahmi. Nggak mau dong, menjalankan bisnis dengan cara membuat orang lain kesal, memberikan pelayanan itu penting.

 

Dengan adanya blog, terjadilah yang namanya soft selling. Meskipun pada awalnya blog berisi curhatan keseharian, namun di balik itu semua ingin mengakrabkan teman – teman. Jalin kepercayaan terlebih dahulu, atau lebih tepatnya membentuk personal branding *tsaaah*. Jualan di blog, plus facebook (berfungsi sebagai etalase produk) juga lumayan efektif, bisa “nempelin” banner toko online kita di sidebar yang mengarah ke page facebook toko online kita. Blog juga bisa digunakan untuk “nembak” kata kunci. Pernah “nembak” salah satu keyword, dan ada pesanan yang memang melihat iklan dari artikel sengaja aku optimasi agar nongol di page one, ya beberapa kali tetap tergeser dari page one google, hehehhe..
Sepertinya ada yang kurang,
Mulai koreksi blog sendiri, sepertinya kurang efektif kalau blog pribadi dicampur dengan toko online, apalagi masih harus klik banner yang mengarah ke facebook untuk melihat seluruh produk yang dijual. Hmm… seharusnya memiliki toko online yang ada nilai plus, yaitu ada blog yang berisi artikel bermanfaat (agar nggak terkesan hard selling), navigasi mudah (produk terbaru, terlaris, list produk), template yang eye catching, testimoni dari pelanggan, dan plu plus lainnya.
Akhirnya, menetapkan pilihan di Jarvis store. Setelah lihat fitur yang disediakan oleh Jarvis store, semakin mantap untuk membuka toko online di Jarvis store. Eh, kalau mau coba bisa loh coba gratis.

Fitur yang ada di Jarvis store, yaitu ;

  1. Template responsive. Pelanggan bisa mengakses toko online kita dari mana saja (tablet, PC maupun smartphone.
  2. Kontrol toko dimanapun. Selain template toko online yang responsive, dashboard admin juga responsive, setiap saat bisa cek toko kamu.
  3. Toko kamu di semua perangkat. Pentingnya memiliki toko online yang bisa diakses dimanapun.
  4. Sistem Manajemen pelanggan lengkap. Jarvis Store memiliki sistem manajemen pelanggan yang lengkap yang memungkin kan kamu untuk mengelompokkan pelanggan dengan mudah, menentukan tipe pelanggan dan melihat profil pelanggan juga membuat invoice.
  5. Fitur tambahan dalam website kamu.  Power-Up yang bisa kamu tambahkan, seperti fitur marketing, fitur SEO, membuat sistem diskon, dan masih banyak lagi.
  6. Jarvis Store terintegrasi dengan sistem blog yang memungkinkan kamu membuat blog langsung di toko online kamu. Artikel dibutuhkan oleh pelanggan untuk menambah wawasan tentang produk kamu dan berguna sebagai sistem marketing di internet.
  7. Kustomisasi ekspedisi pengiriman. Selain menyadiakan tarif ekspedisi yakni JNE, Tiki, dan POS Indonesia, kamu juga bisa menambahkan kostum ekspedisi yang kamu gunakan untuk mengirimkan produk kamu ke pelanggan.
  8.  Fitur diskon dan kode kupon. Semua paket Jarvis Store sudah terintegrasi dengan sistem kupon untuk memberikan diskon kepada pelanggan yang akan membantu untuk mempromosikan produk kamu.
  9. Integrasi dengan social media. Semua website Jarvis Store sudah terintegrasi dengan social media yang memungkinkan pelanggan kamu untuk menyebarkan atau merekomendasikan produk kamu di media social.
  10. Email marketing. Jarvis Store terintegrasi dengan layanan email marketing Mailchimp yang memungkinkan kamu membuat email marketing yang indah dan efisien.
  11. Unlimited Bandwidth. Unlimited bandwidth untuk data transfer yang tidak terbatas.
  12. Web Design Spesialist. Menginginkan web design yang dikustomisasi sesuai keinginan kamu? kami menyediakan layanan web design, untuk info silahkan email ke info@jarvis-store.com.
  13. Member dan reseller. Jarvis Store memiliki sistem dua tipe pelanggan, yaitu member biasa dan mitra/reseller dimana hal ini akan berguna jika kamu memiliki reseller yang harga jualnya berbeda dengan pelanggan biasa.
  14. Grup pelanggan. Dengan Jarvis Store kamu bisa mengelompokkan pelanggan dengan mudah, bisa mengelompokkan berdasarkan lokasi, transaksi, dan lain-lain.
  15. Sistem notifikasi. Sistem notifikasi yang memunginkan kamu selalu terupdate dengan semua order yang masuk. Sistem notifikasi melalui admin, email, dan android apps yang mempermudah kamu berhubungan dengan pelanggan.
  16. Gunakan domain kamu sendiri. Jarvis Store mempermudah kamu untuk meregister domain untuk website kamu. Kamu bisa memanfaatkan layanan register domain dari Jarvis Store, menggunakan domain yang sudah kamu miliki, atau tetap memakai domain gratis Jarvis Store.
  17. Kemudahan berbelanja. Dari pilihan penghitungan pengiriman barang yang dapat dari JNE, Tiki, POS Indonesia, dan kostum ekspedisi, beragam pembayaran gateway, membuat proses berbelanja di toko kamu begitu mudah dan aman dengan Jarvis Store.
  18. SEO. Pelanggan kamu harus bisa menemukan toko online kamu melalui search engine seperti google atau bing. Jarvis Store mendukung optimasi SEO yang integrasi SEO pada cms kami seperti meta tag dan URL yang SEO friendly.
  19. Sertifikat SSL. JIka kamu membutuhkan sertifikat SSL, Jarvis Store menyediakan SSL 128bit untuk menjamin informasi kamu terenkripsi. SSL ini sama dengan yang dipakai oleh bank-bank besar di dunia.
  20. 99.95 % Uptime. Kami bekerjasama dengan penyedia layanan server yang memiliki reputasi uptime terbaik untuk menjamin website kamu selalu online.
  21. Full statistik. Jarvis Store memiliki fitur analytics yang lengkap untuk menganalisa progres penjualan dan pengunjung website. Jadi kamu bisa menentukan pilihan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan kamu kedepan.
  22. dan masih banyaaaak lagi. Sumber : jarvis-store.com/fitur

 

Langsung deh daftar di Jarvis store, langkahnya sangat mudah :

  1. Isi di kolom yang tersedia.                                                                   daftar jarvis store
  2. setelah mengisi, akan dapat konfirmasi seperti ini. jarvis store 1
  3. Lanjut, mengisi informasi kamu dan tokomu.jarvis store 1
  4. Setelah itu, akan berada di dashboar admin, dan pilih template toko online. jarvis store 3
  5. Bisa utak – atik warna sesukamu.jarvis store 4, kurang ramah di netbook kecil, nggak ada tombol apa gitu, udah mentok
  6. Jadi deh! upload produk dan lengkapi data – data, seperti setting pembayaran. jarvis store 5
  7. Jangan lupa untuk konfirmasi email, agar toko online kamu aktif.

 

Mudah kaaaan… Untuk harga, Jarvis store menyediakan beberapa paket, dari paket mini hingga ultimate, dengan fasilitas yang berbeda setiap paketnya, intip – intip budget dulu lah ya..

Toko online itu ibarat rumah, kepercayaan para pembeli akan meningkat jika memiliki toko online (web). Nah, social media berfungsi sebagai kios – kios yang kita miliki, menjaring pembeli, bisa dari facebook, maupun twitter. Biasanya tuh, pembeli akan sedikit kepo dengan toko online, sebelum memutuskan untuk membeli, kalau ada alamat toko online (web) di profil social media yang kita miliki, pasti deh pembeli akan yakin dengan toko online kita. Memiliki toko online (web) bentuk keseriusan kita untuk mengelola bisnis, dan terlihat lebih profesional.

jarvis store

buka toko online di Jarvis store, semuanya berada dalam genggaman.

Sedikit saran untuk Jarvis Store :

  1. Saat pertama kali masuk toko, setelah memilih tema yaitu pilih warna pada tema. Sayang sekali tampilannya “tidak muat” untuk netbook aku yang ukurannya hanya 10″, jadi kalau di scroll ke bawah, nggak bisa lihat apa itu ada tombol next, back, preview, karena kan pop-up gitu untuk memilih warna                         .

    jarvis store 4, kurang ramah di netbook kecil, nggak ada tombol apa gitu, udah mentok

    tidak bisa melihat (scroll) sampai ke bawah

  2. Saran aja sih untuk testimoni pelanggan, yang tersedia hanya kalimat (kata – kata). Akan lebih menarik jika disertai upload gambar, karena biasanya testimoni datang lewat chat line, WA, atau BBM. Jadi, kita sebagai penjual bisa upload gambar (screen capture)  testimoni yang biasanya datang dari media lain.

 

Ya sudah ah, mau oprek – oprek toko onlineku dulu yaaaa…

toko onlineku

Advertisements

Hal ini harus diperhatikan saat bisnis berkembang.

Mencari tempat usaha merupakan hal yang bisa dibilang gampang tapi juga susah. Pada awalnya saat merintis usaha, mencari berbagai usaha yang sekiranya minim modal tetapi ingin hasil yang maksimal, biasanya pemula dalam hal bisnis akan menjadi reseller atau dropshipper, karena cara menjalankan bisnis sangatlah mudah dan persyaratan tidak memberatkan. Kemudian, setelah bisnis berjalan dan semakin berkembang, maka wirausahawan akan mecari tempat usaha untuk bisnisnya.

Rush Hour Stock Image
Mencari orang yang jual ruko, bisa menjadi salah satu pilihan yang dipikirkan oleh para wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya, atau itu hal yang paling utama jika wirausahawan bergerak di bidang bisnis kuliner, mencari tempat yang tepat, bisa menguntung dan menjaga eksistensi suatu usaha. Membeli ruko memang salah satu pilihan untuk efisiensi dalam bisnis, bisa menjadi tempat tinggal, tidak perlu mengeluarkan dana untuk transportasi karena letak toko kita berdekatan, bahkan satu lokasi dengan tempat tinggal. Sebelum memutuskan untuk membeli ruko, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, yang pertma adalah mempertimbangkan budget atau dana yang dimiliki, sebagus apapun konsep untuk bisnis, tapi dana tidak mencukupi, maka rencana tidak berjalan, atau bisa menyiasati mencari ruko dengan budget yang dimiliki, yang kedua yaitu pencarian lokasi, tentu saja setiap wirausahawan menginginkan lokasi yang strategis dengan target marketnya, jika bergerak di bidang bisnis makanan atau minuman, akan mengincar lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus atau tempat wisata, lokasi yang stategis akan mendongkrak keuntungan. Yang ketiga, menawarkan konsep yang beda, tidak dipungkiri persaingan setiap usaha pasti ada, mau atau tidak mau, siap atau tidak siap, maka konsep harus matang, agar para konsumen dapat mengenali bisnis anda berbeda dengan yang lain, dan tercipta konsumen yang loyal. Dan yang terpenting adalah berdoa.

Memilih Tempat Tinggal

Tidak dipungkiri, salah satu indikator kota berkembang adalah adanya pertumbuhan ekonomi yang di dorong dengan pertumbuhan bisnis, lihat saja berapa lokasi bisnis di sekitar kita, berapa banyak perkatoran yang semakin tumbuh atau banyak bermunculan cabang dari perkantoran.
Jika pertumbuhan bisnis sudah berjalan, maka penyerapan tenaga kerja juga berkembang pesat, tidak hanya menyerap tenaga kerja dari daerah sekitar, melainkan daerah luar kota maupun luar pulau, maka dari itu urbanisasi kerap kali terjadi di daerah berkembang maupun yang sudah maju, karena pusat – pusat bisnis dan perkantoran tumbuh subur di kota yang memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan produksi maupun kota yang tergolong padat penduku, selain untuk menyerap tenaga kerja lebih mudah, tetapi juga kegiatan distribusi ke masyarakat juga lebih dijangkau.
Lantas, jika memang kita berada di kota yang berkembang maupun maju, yang menjadi hal utama adalah mencari tempat tinggal. Ada yang hanya sebagai tempat tinggal yang sekedar melepas lelah saja, karena jam berada di luar rumah lebih banyak ketimbang jam untuk berisitirahat atau menghabiskan waktu di rumah. Dan ada yang membeli rumah karena untuk hunia keluarga, kenyamanan, fasilitas, keamanan dan banyak pertimbangan untuk membeli sebuah rumah.

Homes With Growing Arrow Stock Image
Sebagai contohnya ketika seseorang berada di Jakarta, kota dengan sejuta impian ini, merupakan kota yang padat penduduk, tentu saja masyarakat yang berasal dari luar Jakarta membutuhkan tempat tinggal. Biasanya para pekerja memiliki pertimbangan tertentu untuk memiliki tempat tinggal, pekerja dengan penghasilan lumayan, atau bisa dikatakan rata – rata, dan masih single biasanya memilih tempat tinggal yang sekedar untuk singgah, atau memilih tinggal di kost Jakarta agar lebih hemat. Sedangkan untuk pekerja yang memang berencana tinggal di Jakarta dan memiliki uang berlebih memilih untuk sewa rumah.
Beberapa tahun kemudian, bisa mencari orang yang jual rumah Jakarta, sebagai tempat tinggal atau mencari orang yang jual tanah. Cara ini bisa untuk membangun rumah sesuai dengan harapan. Yang paling utama, rencanakan budget anda untuk membeli rumah.

%d bloggers like this: