PLN Dalam Genggaman

Kebutuhan akan listrik, memang menjadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi, dan sebagai penunjang kelancaran aktifitas sehari – hari. Pernah kan mengalami listrik mati tiba – tiba di pagi hari, dan bisa ditebak dampak dari listrik di pagi hari, terjadi sebuah drama tak berkesudahan, mandi hanya gosok gigi, sisanya dilanjut dengan mandi parfum karena harus irit air buat anggota keluarga yang lain, lupa kalau seragam belum di setrika, makannya hanya roti atau air putih doang, karena gak bisa masak di rice cooker, dan masih banyak lagi drama horror jika listrik mati pada saat jam sibuk atau saat malam hari ketika mengerjakan tugas di rumah. Efeknya gak hanya saat listrik itu mati tapi pastinya pelanggan PLN ingin didengar keluhannya, akibatnya, pasti banyak lonjakan “suara konsumen” berupa keluhan di sosial media, salut deh buat admin PLN yang menjawab satu persatu keluhan dari masyarakat. Sebagai pelanggan memang mengharapkan pelayanan yang memuaskan dari PLN sebagai penyedia kebutuhan listrik.
Mengeluh memang mudah, apalagi dengan kemudahan bersosial media, semua keluhan tumpah ruah. Tapi, mengeluh saja tidak menghasilkan jalan keluar. Sebagai masyarakat Indonesia, apalagi pelanggan PLN ingin menyumbang ide untuk PLN lewat tulisan blog ini, yaitu ide agar PLN berada dalam genggaman, yaitu adanya aplikasi PLN di smartphone. Masyarakat yang sudah melek internet sangat banyak, masyarakat yang melek internet umumnya menginginkan kecepatan informasi yang mereka dapatkan, maka diciptakannya aplikasi PLN di smartphone, setidaknya dapat memuaskan pelanggan akan kecepatan informasi PLN. Ketika aku search aplikasi PLN di android, memang sudah ada aplikasi PLN (entah memang itu benar dari PLN atau pihak ketiga) tetapi aplikasi tersebut hanya berupa kemudahan untuk membayar tagihan listrik, dan sebenarnya bisa dikembangkan lagi untuk memuaskan pelanggan. Berikut aplikasi yang bisa dikembangkan :

 

white
1. Bayar tagihan.
Tentunya fitur ini sangat dibutuhkan oleh pelanggan agar menghemat waktu, dengan sekali klik dan bayar lewat bank yang sudah ditentukan, pelanggan tidak perlu antri untuk membayar tagihan listrik.
2. Info TDL.
Nah, info Tarif Dasar Listrik ini yang sekarang menjadi hot topic, karena setiap beberapa bulan sekali PLN akan menaikkan TDL, tentunya pelanggan ingin informasi yang cepat dan jelas berupa daftar TDL yang baru, agar nantinya pelanggan bisa mempersiapkan anggaran atau penghematan listrik dari jauh hari.
3. TOKEN
Keberadaan TOKEN (voucher PLN) ini sangat efektif untuk menghemat pemakaian listrik, voucher tersedia mulai dari Rp.20.000 hingga Rp.100.000. Selama ini ada dua pembayaran TOKEN yaitu melalui Bank yang bekerjasama dengan PLN dan loket pembayaran. Nah, namanya juga manusia biasa, pastinya pelanggan lupa untuk membeli voucher dengan pelbagai alasan mulai dari kesibukan hingga waktu untuk mengisi ulang sudah larut malam. Untuk mengatasi hal tersebut, boleh loh mengadaptasi cara pembayaran vocher PLN seperti membeli pulsa, yaitu dengan cara deposit. Pelanggan bisa membayar deposit sebesar Rp.100.000 tetapi untuk membeli TOKEN bisa terserah pelanggan, misalnya membeli Rp.20.000, jadi sisanya yaitu Rp.80.000 bisa disimpan dan dipergunakan lagi jika voucher sudah habis.

pln
4. Info PLN.
Info PLN ini bisa info tentang pemadaman listrik, video kreatif tentang cara menghemat listrik, info perusahan dan lain sebagainya. Untuk info pemadaman likstrik, tentunya pencarian akan lebih mudah jika ada pilihan per wilayah di Indonesia.
5. Daftar BANK.
Untuk menghindari penyalahgunaan nama PLN dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab, bisa diinformasikan daftar bank dan nomer rekening PLN untuk mentransfer bayar tagian maupun voucher PLN.
6. Saran dan kritik.
Untuk meningkatkan performa PLN, pelanggan bisa menggunakan fitur ini, bisa berupa saran yang bermanfaat, keluhan tentang belum tersedianya aliran listrik untuk desa tertentu, maupun saran yang lain. Untuk fitur ini, lebih baik jika ada berupa insentif untuk pelanggan yang memberikan saran terbaik untuk PLN, bisa memberikan voucher PLN secara gratis atau bentuk insentif lainnya sebagai penghargaan untuk Best cuctomer .

Semoga ide ini dapat bermanfaat untuk kemajuan PLN.

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: